Afirmasi dan Rasa Syukur

by - Maret 19, 2019


pernah nggak sih kita sejenak berpikir dan menyadari bahwa kita terlalu sibuk dan fokus meraih kenikmatan atau kebahagiaan besar untuk benar-benar bersyukur dan menyadari nikmat yang Tuhan beri?


mungkin sebagian besar dari kita baru akan benar-benar mengucap syukur apabila salah satu goals dalam hidup tercapai, apabila kita benar-benar merasa bahagia karena sesuatu, atau apabila kita baru saja mendapatkan nikmat. tapi kita lupa bahwa ada hal-hal kecil yang membantu kita setiap harinya agar hari terasa mudah, kita lupa bahwa ada hal-hal kecil yang patut kita syukuri setiap harinya. apa sih hal-hal kecil yang patut disyukuri setiap harinya? BANYAK SEKALI. mungkin kita hanya harus melihat lebih dekat lebih detail pada hal-hal yang telah terjadi setiap harinya. misalnya, “saya bersyukur hari ini tak kehujanan dalam perjalanan pulang dari kantor ke rumah. bila kehujanan, flu saya akan semakin parah nantinya.” intinya yaa bersyukur atas setiap kemudahan yang didapatkan setiap harinya.
saya juga sering lupa dan sering mengabaikan hal-hal kecil tersebut kok. namun beberapa hari belakangan ini, saya sedang berusaha memperhatikan hal-hal kecil tersebut dan berterima kasih padanya. belakangan ini juga saya sedang berusaha mengafirmasi diri setiap hari agar kepala dan hati berisi hal-hal yang positif. mungkin sebagian besar orang bilang, “untuk apa sih mengafirmasi diri sendiri?” atau “afirmasi itu apa?”
hmm baiklah mari cari tahu dulu apa sih afirmasi itu sendiri. menurut KBBI Online, kata afirmasi terdiri dari kata ‘afir.ma.si’ yakni bermakna penetapan yang positif, penegasan, dan peneguhan. jadi kalau diartikan menurut saya sih afirmasi adalah suatu tindakan pengucapan kalimat positif dan diharapkan mampu menciptakan sugesti yang baik pada orang yang mengucapkannya.
nah tujuan dari afirmasi itu sendiri apa sih? kalau saya pribadi sih untuk menciptakan rasa syukur terhadap berbagai hal yang ada pada diri saya, terhadap berbagai hal yang terjadi dalam hidup saya, dan sebagai motivasi alam bawah sadar saya agar tetap waras dan siap menghadapi hari-hari esok. duh ribet. haha. tapi paham maksud saya, kan? intinya, kalimat-kalimat afirmasi yang saya ucapkan diharapkan bisa mengisi ruang kosong dalam kepala dan hati saya agar terisi oleh hal yang positif dan rasa syukur. dan saya sedang berusaha mengafirmasi diri sendiri setiap hari sebelum tidur, sebelum benar-benar memejamkan mata, sambil memeluk boneka beruang kesayangan saya. hehe. jadi, tidak hanya ibadah 5 kali dalam sehari saja rasa syukurnya, tapi saya ingin benar-benar mengucap rasa syukur itu—mensyukuri segala sesuatunya yang terjadi di hari itu, sekecil apapun bentuknya, meski terkesan kurang menyenangkan pun benar-benar harus disyukuri. hehehe.


lantas, bagaimana ketika ada satu hari dimana hati dan kepala kita nggak tenang sebab ada kejadian yang kurang menyenangkan/buruk yang menimpa kita pada hari itu? sebagai manusia, tentulah sangat wajar bila kita merasakan perasaan sedih, kesal, marah, cemas, dan lain sebagainya. namun, saya berharap saya juga kalian yang membaca ini mampu mengatasi segala rasa-rasa negatif tersebut dan mengubahnya menjadi suatu hal yang positif dengan cara mengubah cara pandang kita terhadap kejadian tersebut. sehingga afirmasi yang bisa diucapkan pada diri sendiri pun tetap mampu menciptakan rasa syukur meski ada hal yang kurang menyenangkan yang dialami. cukup ingat bahwa perasaan-perasaan negatif itu tak pantas mendiami jiwamu, ingat bahwa perasaan-perasaan negatif tak mampu menguasai dirimu selamanya; akan selalu ada hati kecil yang mampu menenangkannya.



yuk mulai sekarang masing-masing dari kita setiap hari mengucap syukur atas nikmat dan kebahagiaan serta kemudahan di setiap harinya. syukur atas hal-hal kecil nan sederhana pun tanpa disadari bisa membawa pengaruh positif lho. hihi.














( nrlhdyn — 19/03/2019 09:39PM )

You May Also Like

0 komentar