Bagaimana Manusia Ingin Dipandang

by - Maret 02, 2019

setiap orang, setiap dari kita, berusaha mempresentasikan dirinya sebaik mungkin. dimulai dari cara berpakaian, cara merawat dan merias diri, hingga cara bersikap. sama sekali tidak salah. lagipula, siapa sih yang mau dilihat atau dipandang buruk oleh orang lain?



saya pergi ke salah satu pusat perbelanjaan di kota, melihat ratusan atau bahkan ribuan orang hilir mudik dengan cara berpakaian yang beragam. namun satu kesamaan mereka; mereka ingin dilihat baik, atau setidaknya tampil baik di hadapan orang banyak. kita tidak tahu kan bagaimana mereka semua ketika berada di rumah? ketika segala topeng kehidupan mereka lepas dan hanya menyisakan diri mereka sendiri yang asli dan nyata tanpa berbalut sedikitpun topeng. saya mungkin termasuk dari ratusan orang tersebut. saya suka mempresentasikan diri saya sebaik mungkin di hadapan siapapun, terlebih bila di tempat kerja atau saat sedang hang out dengan sahabat-sahabat juga pergi berkencan. untuk apa sih? saya sih sederhana, saya suka bagaimana cara saya berpakaian sebab hal tersebut adalah diri saya. saya nggak mau berpakaian seperti pribadi yang bukan diri saya. saya nggak mengikuti trend busana. saya hanya berpakaian apa yang saya suka, tak peduli apakah ini sangat kekinian atau malah old fashion. saya hanya perlu rasa nyaman menjadi diri sendiri seutuhnya. dan saya rasa, saya nggak peduli-peduli amat apa yang dikatakan orang tentang saya, terlebih cara saya berpakaian. akan saya buatkan tulisan mengenai ‘topeng kehidupan’ ini di postingan selanjutnya, ya. hahaha.






tulisan ini saya buat ketika saya sedang sendiri di sebuah kedai minuman di pusat perbelanjaan. melihat berbagai manusia dan gerak-geriknya. melihat bagaimana mereka ingin dipandang ‘baik’ melalui topeng pakaian serta riasan yang mereka kenakan. melihat berbagai senyum dan tawa tercipta saat materi mampu memenuhi standar gaya hidup yang mereka jalani. ah, manusia.
lain kali, saya ingin observasi ke sisi lain manusia di tempat yang berbeda. wajah dan presentasi mereka pun akan berbeda.


(nrlhdyn — 02/03/2019 05:52PM)

You May Also Like

0 komentar