Memaafkan Diri

by - April 19, 2018

Sebab tak ada manusia yang mampu sesempurna harapanmu. Oleh karenanya, maafkanlah orang-orang yang membuat hatimu patah, pun maafkanlah dirimu sendiri.



(Source: Pinterest)

Kepada kamu yang sulit memaafkan manusia lain, akan ada banyak luka yang kamu terima di kemudian hari, akan ada banyak tinta hitam di atas putihnya duniamu. Tak apa. Luka akan hilang seiring waktu, kesedihan tak akan selamanya menetap.

Manusia seringnya lalai, mereka tak pernah






Sebab, memaafkan adalah kunci ketenangan hati. Sebab, ikhlas adalah pintu ketenangan. Sebab, manusia adalah letak segala kesalahan dan memang itulah yang Tuhan ciptakan; kebenaran dan kesalahan, kebaikan dan keburukan, kejujuran dan kebohongan. Dia selalu seimbang, tak pernah bimbang.

Kepada kamu yang sulit untuk memaafkan manusia lain, aku harap kamu mampu memaafkan dirimu sendiri dari setiap luka-luka yang kamu terima. Karena luka mampu membuatmu manusia biasa yang kuat dan siap untuk perjalanan selanjutnya.

Maafkanlah manusia-manusia yang membuat luka di hatimu. Maafkanlah manusia-manusia yang membuat kebisingan dalam duniamu. Terlebih, maafkanlah dirimu.




— 



(nrlhdyn - 20/02/18)

You May Also Like

0 komentar