Bukan Wish List 2019

by - Januari 10, 2019

(Source: Pinterest)


sebenarnya kalau ditanya "2019 mau ngapain?" atau "hal apa yang ingin terwujud di tahun 2019?" sih jawaban saya sederhana. saya sudah berpikir keras tentang keinginan-keinginan sederhana yang sangat diharapkan bisa terwujud di tahun 2019. dari tahun ke tahun pun setiap pergantian tahun, saya nggak pernah punya resolusi atau keinginan tertentu yang spesifik dan bersifat "harus". hidup saya nggak mau sekaku itu untuk menentukan berbagai keinginan. tekad saya nggak sebesar itu yang berambisi mewujudkan berbagai keinginan. ya intinya setiap pergantian tahun, saya merasa biasa-biasa saja.


sampai akhirnya tahun lalu saat pergantian tahun dari 2017 ke 2018, saya sempat membuat daftar keinginan dan harapan ke depannya di tahun 2018. salah satunya untuk lebih rajin dan intens menulis di blog, dengan konten tulisan yang bermanfaat tentunya. saat itu saya menargetkan 5 - 10 postingan tulisan dalam blog per bulan. saat itu saya sendiri nggak tau pasti apa saja yang akan ditulis dan nggak tau apakah saya bisa mencapai target. yang intinya, saya harus lebih aktif menulis dan mempublikasikannya di blog ini. selain itu saya juga berkeinginan untuk lebih rajin membaca buku, buku genre apa saja dan nggak harus beli.


dua resolusi atau keinginan di tahun 2018 tersebut nyatanya nggak terwujud sempurna. sangat nggak disangka-sangka, pada tahun tersebut beban pekerjaan saya di kantor ternyata bertambah. tepatnya pada bulan april 2018. badan yang lelah dan mata yang mengantuk membuat saya tak jarang sulit untuk meluangkan waktu menulis dan membaca. tapi di tengah berbagai kesibukkan yang ada, saat itu saya masih tetap mencoba untuk menulis apa saja. selain sebagai kegemaran, menulis juga buat saya sebagai bahan pelampiasan pelepas stres. nah bisa di liat deh udah ada berapa postingan yang lahir di 2018 di kolom archive. beda halnya dengan menulis, membaca butuh effort lebih untuk saya pribadi. saya harus ke perpustakaan atau toko buku untuk memilih buku bacaan yang benar-benar menarik minat saya. ya, saya termasuk orang yang pemilih sekali perihal buku bacaan. pernah ada satu novel fiksi yang saya beli entah tahun berapa. setelah saya baca ternyata cerita yang ditawarkan novel tersebut kurang menarik. nyesel? BANGET. saya merasa kesel dan nyesel sudah beli buku itu. pengen rasanya balikin buku itu dan tukar dengan buku yang lain. dan sampai dengan saat ini, saya nggak pernah baca buku itu lagi. hati belum memberi kesempatan kedua untuk buku itu. HAHAHA.


jadi, tahun 2018 selagi ada waktu, saya memberi kesempatan pada diri sendiri untuk membaca hal lain yang diluar kebiasaan. biasanya saya hanya baca novel dan novel kesukaan saya bergenre  fiksi metro-pop. menurut saya sih cerita yang metro-pop tawarkan lebih menarik ketimbang novel fiksi lain yang serupa. 2018 akhir saya beralih genre buku bacaan dari novel fiksi ke buku self-improvement atau psikologi. entah kenapa saya jadi tertarik sama buku-buku self-improvement. dan ketika buku tersebut dibaca, sensasinya ternyata berbeda dengan membaca novel fiksi biasa. ada hal-hal yang nggak saya dapatkan saat membaca novel fiksi biasa. sensasi menariknya membaca buku self-improvement tersebut membuat saya hingga saat ini terus mencari buku-buku sejenis yang menarik yang bisa saya baca, entah itu buku dari perpustakaan atau toko buku. nanti pada postingan lain, saya bakal bercerita mengapa saya tertarik membaca buku bergenre self-improvement dan jenisnya.







di tahun 2019 ini saya benar-benar nggak pengen bikin wish list yang berlebihan. tau nggak apa yang paling saya inginkan di tahun 2019 agar terwujud? saya sembuh, kesembuhan kesehatan badan saya lebih utama. sudah 2 bulan lebih sejak saya menyadari ada penyakit dalam diri saya, sudah 2 bulan lebih saya juga mengkonsumsi obat-obatan setiap hari untuk kesembuhan. melelahkan sebenarnya. tapi saya harus semangat, kan? selain kesehatan, kemudahan rejeki untuk mencapai tujuan saya yang lain adalah hal krusial yang penting untuk bertahan hidup. tahun ini saya benar-benar berniat untuk menabung lebih giat untuk tujuan penting lain. dan masih tetap berkeinginan untuk aktif menulis di blog ini, tapi nggak mau membuat terget. hehehe.







(nrlhdyn — 10/01/2019)

You May Also Like

0 komentar